Connect with us

Event

29 Bocah Adu Ketrampilan Mendalang di Taman Mini Indonesia Indah

Published

on

Sebanyak 29 siswa jenjang SD dan SMP dari berbagai provinsi di Indonesia akan beradu ketrampilan, mengolah kemampuan mendalang dalam kompetisi yang padat pada ajang Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2017. Berlangsung selama dua hari di Panggung Bentar Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, 21 – 23 September 2017.

Festival Dalang Bocah tahun ini merupakan gelaran ke-8 yang diselenggarakan oleh Pepadi. Selain itu, secara paralel juga diadakan acara selamatan dan kirab Agung Suro yang dikemas dalam tajuk acara Suro mulai tanggal 21 September sampai 7 Oktober 2017.

“Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional bertujuan untuk merangsang dalang bocah belajar mendalang agar regenerasi dalang tetap terjaga, juga sebagai ajang silaturahmi antardalang bocah se-Indonesia untuk memupuk persaudaraan,” jelas Ketua Pepadi, Kondang Sutrisno saat konferensi pers di TMII belum lama ini.

Festival juga untuk dimaksudkan untuk menumbuhkan bibit-bibit generasi penerus dalang di masa depan. Termasuk juga menjadi sarana sosialisasi sejak usia dini kepada anak-anak terhadap wayang. Selain itu juga untuk mendekatkan wayang kepada publik khususnya kawula muda. Juga menghadirkan wayang sebagai seni hiburan yang tak kalah dengan hiburan popular yang lainnya, agar nilai-nilai dalam wayang ikut andil dalam membentuk karakter bangsa sehingga generasi mendatang bisa menjadi manusia seutuhnya.

Pada peserta akan menggelar berbagai ragam wayang, antara lain Wayang Kulit Purwa, Gagrak Surakarta, Yogyakarta, Jawatimuran, Wayang Banyumasan, Wayang Kulit Cirebonan, Wayang Menak Sasak, Wayang Golek Purwa, Wayang Kulit Indramayu, Wayang Banjar dan Wayang Kulit Betawi.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Trending